Parenting
10 Solusi Anak Susah Makan Secara Psikologis

10 Solusi Anak Susah Makan Secara Psikologis

Lima tahun awal ialah fase golden age, dimana fase tersebut tumbuh kembang anak berlangsung secara cepat, baik itu dari fisiknya, motorik, kognitifnya hingga psikososialnya. Yang nantinya perkembangan ini akan berdampak pada fase tumbuh kembang anak selanjutnya. Tapi terkadang mereka mendapatkan asupan yang kurang sesuai, bahkan tak jarang mereka jadi susah makan. Untuk itu kamu butuh solusi anak susah makan, dari bagaimana kamu mengatasinya hingga asupan apa yang harus kamu berikan.

Namun sebelum itu kita pahami terlebih dahulu penyebabnya kenapa mereka bisa susah makan. Sehingga nanti solusi anak susah makan bisa tepat sasaran.

Penyebab Anak Usia Golden Age Susah Makan

Ada beberapa hal yang mendasari seoranag anak kehilangan nafsu makannya. Nah itu kita bedakan menjadi dua poin yaitu faktor internal dan faktor eksternal.

Faktor Internal

  • Mengalami gangguan pencernaan baik yang ringan maupun akut, bisa juga karengan gangguan yang terjadi di rongga mulut.
  • Sedang mengalami gangguan psikologis. Sebagai orangtua sebaiknya kamu memang harus lebih menahan diri untuk memberikan aturan yang terlalu ketat terhadap anak ya. Selain itu keluarga yang kurang harmonis juga bisa mengganggu psikologis anak kecil loh sehingga kamu harus lebih aware.

Faktor Eksternal

  • Kesukaan makanan, bisa jadi si kecil susah makan itu karena makanan yang orangtua sediakan tidak cocok. Meskipun alasan mereka tidak mau makan karena kenyang tapi bisa jadi sebenarnya mereka hanya kurang selera dengan apa yang tersedia. Atau bisa jadi ia termasuk picky eaters sehingga kamu butuh usaha lebih untuk membujuk anak kamu makan.
  • Kebiasaan makan anak, seringkali anak menyukai makanan yang berganti menu setiap harinya. Sehingga kalau anak kamu tipe yang seperti ini sebaiknya kamu pandai pandai dalam menentukan menu agar si kecil mau makan.
  • Adanya pengaruh lingkungan. Anak susah makan bisa juga karena lingkungannya juga seperti ini. misalnya si ibu yang malas makan maka hal itu akan menular pada anak. Begitu pula dengan lingkungan yang suka bermain game maka bisa jadi anak akan susah makan dan lebih memilih bermain game saja.

Selain faktor internal dan eksternal, anak susah makan bisa juga karena psikogenik anoreksia, anak mengalami dawling, anak kamu menolak untuk mengunyah, dan sebagainya. Lalu bagaimana solusi anak susah makan yang benar menurut praktisi kesehatan?

Solusi Anak Susah Makan yang Bisa Kamu Coba

Nah ada banyak solusi anak susah makan yang bisa kamu coba terapkan untuk si kecil agar nafsu makannya meningkat. Diantaranya para orangtua bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Jangan mencoba memaksa anak makan dengan porsi yang kamu inginkan. Alangkah baiknya jika kamu ikuti dulu seberapa banyak anak ingin makan.
  • Ajari fokus pada satu hal saja yaitu makanan yang ada di depannya. Mengajak ia bermain say makan, atau nonton tv bahkan bermain ponsel adalah pilihan yang perlu kamu hindari. Secara psikologis ini akan berdampak kurang baik bagi anak hingga dewasa nantinya.
  • Alangkah baiknya jika kamu memberikan porsi yang sedikit tetapi dengan sesering mungkin untuk menjaga keseimbangan gula darah, proses pencernaan tidak optimal dan adanya respon glikemik.
  • Jangan memberinya jajan sebelum dia makan karena itu nanti akan mempengaruhi nafsu makan mereka.
  • Coba variasikan menu makanan yang kamu buat untuk si kecil.
  • Jangan terlalu sering memberikan mereka junk food. Selain berdampak tidak baik itu tumbuh kembang mereka, junk food merupakan makanan tidak sehat yang kaya akan kalori, zat gula, dan lemak yang membahayakan lambung hingga menjadi penyebab kanker.
  • Biasakan olahraga untuk si kecil, karena dengan olahraga maka nafsu makan mereka akan meningkat. Dimana kalori yang mereka bakar selama beraktivitas akan membuatnya lapar sehingga makanan yang mereka habiskan juga menjadi lebih banyak.
  • Jangan memberikan susu ketika mereka makan karena kalsium yang ada di susu bisa mengikat zat besi di makanan si kecil. Dan nantinya bisa memicu anak menderita anemia.
  • Berilah ruang ketika anak makan, biar ia menentukan sendiri mana yang harus mereka makan terlebih dahulu.
  • Disiplinkan anak dalam jadwal makannya, baik itu makan pagi, siang, dan malam. Sesuaikan juga dengan jadwal kamu dalam memberikan snack. Usahakan tidak mempengaruhi nafsu makan mereka

Nah itulah tadi solusi anak susah makan yang bisa kamu terapkan padaa usia golden age. Selain usia ini adalah tahap awal kamu mengenalkan pengetahuan pada mereka kamu wajib untuk menutrisi otak mereka dengan asupan yang sehat dan baik untuk tubuh dan otak mereka. So yuk bu ibu kita persiapkan masa depan anak lewat apa yang mereka makan karena ini pastinya punya pengaruh besar pada keberhasilan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *