Memenuhi asupan yang melancarkan dan memperbanyak ASI merupakan hal yang harus busui perhatikan. Sebab, ASI pemberian eksklusif dapat mendukung tumbuh dan kembang buah hati secara optimal. Tentu saja ada banyak sekali cara memperbanyak asi yang dapat Busui coba. Salah satunya ialah dengan rutin mengonsumsi makanan pelancar ASI.

Nah, berikut ialah 12 makanan pelancar ASI:

1.Sayuran hijau

Sayuran hijau merupakan sumber zat besi, kalsium, dan asam folat yang baik bagi busui. Zat besi pada sayuran hijau, terutama bayam sangat efektif mengembalikan kadar zat besi. Terutama zat besi yang berkurang sehabis melahirkan. Menurut sejumlah penelitian, kadar zat besi yang rendah dalam tubuh akan membuat produksi ASI berkurang. Selain itu, sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin yang dipercaya dapat membuat produksi ASI meningkat.

2.Oatmeal

Oatmeal mengandung protein yang berperan sebagai antioksidan yang kuat sehingga dapat melindungi busui dalam melepaskan oksitosin dan relaxin. Sehingga, hal tersebut akan merangsang proses produksi ASI dan membantu melancarkan aliran ASI.

Oatmeal juga dapat mengendalikan kadar gula darah pasca melahirkan dan baik untuk pencernaan karena kaya akan serat. Selain itu, kandungan fitokimia, beta-glukan, zat besi, dan karbohidrat kompleks akan mensuplai energi pada tubuh.

3.Biji wijen hitam

Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang dipercaya mampu melancarkan ASI dan efektif memulihkan kondisi ibu pasca melahirkan. Busui dapat mencampurkannya dengan makanan lain ketika mengonsumsinya. Namun ingat, jangan dikonsumsi berlebihan ya.

4.Daun kelor

Sayur ini mengandung potasium, kalsium, vitamin C, vitamin, A, dan protein. Selain itu, kandungan galaktogog dapat meningkatkan ASI bagi Busui.

5.Pare

Apabila Busui mengonsumsi pare, ASI yang dihasilkan akan kental dan membuat bayi cepat kenyang.

Kandungan air dalam pare sangat tinggi sehingga dapat membantu busui terhidrasi dengan baik. Selain itu, vitamin K, likopen, fitokimia, dan antioksidan dapat membantu menangkal radikal bebas.

6.Kacang almond

Selain dikenal kaya akan vitamin  E dan asam lemak omega-3, almond juga dapat melancarkan ASI.

7.Ubi jalar

Kandungan vitamin C, vitamin B kompleks, dan magnesium dalam ubi jalar bermanfaat untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas ASI.

8.Alpukat

Alpukat mengandung lemak dan omega-3 yang baik untuk melancarkan ASI. Selain itu, kandungan folat, vitamin C, vitamin E, dan postasium yang baik bagi tumbuh dan kembang Si Kecil.

9.Teh hijau

Teh hijau memang mengandung kafein, namun tetap aman bagi busui. Pasalnya, mineral dan antioksidan yang terkandung dapat membuat tubuh rileks, menjaga sirkulasi darah dan kolesterol. Hal ini dapat melancarkan ASI. Namun, tetap berhati-hatilah dalam memilih teh hijau, apalagi yang berbentuk olahan.

10.Biji fenugreek

Selain melancarkan ASI, Biji fenugreek yang mengandung beta-karoten, vitamin B, kalsium, zat besi, asam lemak omega-3 ini juga baik bagi perkembangan otak bayi.

11.Pisang

Pisang mengandung kalium yang mampu menjaga kadar cairan dan elektrolit tubuh, serta melancarkan ASI bagi Busui. Dan setiap 100 gr pisang terkandung 100 mg kalsium yang diperlukan sebagai zat pembentukan ASI.

12.Salmon

Mengonsumsi salmon pasca melahirkan membuat zat antibodi pelawan penyakit milik ibu menurun pada Si Kecil lewat ASI. Hal ini tentu saja sangat baik bagi Si Kecil. Selain itu, kandungan asam  lemak esensial omega-3 juga sangat baik untuk melancarkan ASI.

Nah, itulah 12 makanan pelancar ASI yang wajib Busui coba. Namun, perlu diingat, bahwa produksi ASI setiap ibu itu berbeda dan tergantung kebutuhan Si Kecil. Jadi, tidak perlu risau jika ASI yang dihasilkan tidak sebanyak ibu lain.