Bisnis
Apa Tujuan Diversifikasi Konsentris untuk Perusahaan? Yuk Simak Penjelasannya

Apa Tujuan Diversifikasi Konsentris untuk Perusahaan? Yuk Simak Penjelasannya

Sebagai pemilik perusahaan tentunya sebelum memulai berbisnis, Anda sudah memiliki gagasan usaha apa yang nanti akan dijalani. Di samping itu, pun harus mempunyai strategi pemasaran seperti apakah yang akan digunakan, siapa saja segmentasi pasar dari produk perusahaan dan pastinya berapa modal yang dimiliki baik modal materil atau sumber daya manusia yang dimiliki untuk menunjang keberlangsungan atau ketercapaian usaha. Dengan berjalannya waktu, suatu perusahaan akan mengalami turun naik dalam menjual produknya. Ada saatnya merintis usaha dengan omzet penjualan masih di tahap awal atau masa pertumbuhan, di mana omzet penjualan terus bertumbuh, hingga masa puncak di mana produk yang dijual berada pada level tertinggi.

Setelah mengalami masa puncak penjualan produk, pemilik perusahaan pastinya berharap atidak mengalami penurunan. Kemudian, setelah suatu produk mengalami puncak kejayaan baik dari pendapatan maupun laba yang dihasilkan maka pemilik perusahaan tentunya akan berusaha mengupayakan produk-produk perusahaannya agar bisa tetap eksis di masyarakat. Karena itu, umumnya divisi atau bagian pemasaran atau juga bagian analisa pasar akan mengupayakan eksistensi produknya dengan berbagai upaya. Salah satu upaya tersebut adalah dengan Konsentris.

Pengertian Diversifikasi Konsentris

Sebelum mengetahui apa itu Konsentris, Anda perlu mengetahui arti kata itu sendiri, dimana diversifikasi adalah upaya dalam rangka mencari serta mengembangkan produk atau pemasaran yang baru, dengan tujuan untuk mengejar pertumbuhan perusahaan, peningkatan pendapatan penjualan, peningkatan laba serta peningkatan fleksitabilitas perusahaan. Secara garis besar strategi terdiri dari dua yaitu, terkait dan tidak terkait. Dimana bisnis bisa dikatakan saling memiliki keterkaitan jika rantai bisnis memiliki kesesuaian strategi bisnis yang bernilai kompetitif. Nah, strategi inilah yang biasa disebut dengan strategi konsentris.

Sementara bisnis tidak terkait adalah apabila suatu rantai bisnis antara keduanya tidak memiliki hubungan yang bernilai kompetitif. Dan strategi ini yang biasa di sebut strategi horizontal dan conglomerate. Karenanya, diversifsikasi konsentris adalah suatu usaha untuk menambah produk baru yang saling berhubungan yang terfokus. Tujuan dari strategi konsentris adalah untuk mendongkrak pemasaran dari pasangan produk yang dijual. Contohnya, produk sudah jenuh di pasaran, omzet penjualan serta laba menurun. Selain itu, strategi ini juga dapat digunakan untuk menarik minat pembeli dikarenakan harga yang dipasarkan akan lebih kompetitif dibandingkan dengan membeli produk secara terpisah. Terdapat cara yang bisa di lakukan oleh suatu perusahaan untuk melakukanĀ  yaitu dapat melalui, akuisisi, joint venture (kemitraan), pengembangan internal dan masuk pada jenis bisnis yang baru. Sebagai contoh strategi konsentris misalnya pada perusahaan Honda. Selain memproduksi mobil, Honda juga memproduksi sepeda motor dengan berbagai versi dan kualifikasi masing-masing.

Lantas, kapan waktu terbaik untuk menerapkanĀ  Konsentris?

  1. Diversifikasi konsentris di terapkan jika usaha yang dijalankan setelah beberapa bulan berdiri dan dievaluasi tidak ada pertumbuhan yang signifikan (tumbuh melambat)
  2. Diversifikasi konsentris diterapkanĀ ketika akan berinovasi setelah dipertimbangkan dapat menunjang penjualan produk secara sifnifikan
  3. Diversifikasi konsentris diterapkan ketika produk yang ditawarkan memiliki pembeli musiman
  4. Diversifikasi konsentris diterapkan ketika perusahaan akan memasuki fase penurunan tingkat siklus kehidupannya
  5. Diversifikasi konsentrasi diterapkan ketika perusahaan memiliki manajemen yang kuat dan tangguh untuk menciptakan terobosan baru.

Diharapkan dengan penerapan strategi tersebut perusahaan akan dapat berkembang secara signifikan dalam pencapaian target penjualan, profit yang di peroleh serta pemenuhan kebutuhan bagi konsumen sehingga terpenuhi secara keseluruhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *