Memperhatikan proses tumbuh kembang sejak kecil sangat penting karena ini menentukan kesehatan si kecil ke depannya, tertama saat si kecil berusia 1 sampai 3 tahun. Pastikan Anda mendampingi kebutuhan nutrisi si kecil dengan Morinaga Platinum. Berikut ini Kami akan ulas beberapa hal yang dialami si kecil di usia ini.

Apa Saja Perkembangan Yang Dialami Anak Usia 1-3 Tahun?

Usia 1 Tahun

  • Kemampuan Motorik Kasar – Pada usia ini, bayi umumna sudah bisa melakukan gerak motorik seperti berdiri hingga berjalan sendiri.Meski demikian, pada prosesnya, si kecil masih belum bisa berdiri terlalu lama. Usia ini sangat penting diperhatikan karena ia masih bersusah paya dan berhati-hati dalam menggerakkan tubuh.
  • Anda juga tidak perlu khawatir kalau di usia satu tahun, buah hati masih belum menunjukkan tanda-tanda berjalan. Hal ini masih dianggap normal. Pastikan untuk selalu memberikan stimulasi agar ia mampu berjalan. Kalau ia sudah memiliki keberanian untuk melepas genggaman Anda, lepaskanlah pelan-pelan sambil diawasi ketika ia mencoba melangkah selangkah atau dua langkah. Pada masa ini, bayi masih rentan terjatuh.
  • Kemampuan Komunikasi – Tumbuh kembang si kecil di usia ini juga lebih kompleks dengan ditandai keaktifannya dalam berbicara. Meskipun masih terbata-bata ia umumnya sudah mulai mengerti bagaimana cara mengkomunikasikan apa yang dia mau. pada tahap ini, kemampuan sosial dan emosionalnya juga semakin berkembang. Misalnya, Anda akan melihat si kecil menirukan gerakkan melambaikan tangan untuk mengatakan sampai jumpa. Di masa ini, ia juga semakin peka terhadap perasan seperti kesedihan dan kebahagiaan.

Usia 2-3 Tahun

  • Perasaan – Pada usia ini perkembangan perasaan si kecil semakin tajam. Ia sudah mempelajari perasaan orang lan. Kalau Anda kerap melihat si kecil mengalami temper tantrum, ini normal saja. Ini adalah cara ia menyampaikan emosinya dan apa yang ia mau. Umumnya anak mengalami temper tantrum karena tidak bisa menyalurkan emosi, malu, marah, merasa bersalah dan lainnya ke dalam kata-kata. Makanya Anda akan melihat si kecil merasakan hal ini.
  • Berbicara – Pada usia dua tahun, bayi umumnya sudah mampu menyampaikan sepatah dua kata. Ia juga lebih mampu menyerap kosakata baru dari lingkungannya dan ia memiliki peningkatan yang cukup tajam dalam memahami sebuah kata.

Di usia tiga tahun, balita sudah mampu mengucapkan kalimat sederhana meskipun anya berisi dua sampai tiga kata saja. Pada usia ini, ia akan mengalami peningkatan dalam penggunaan kosakata. Maka tidak heran kalau si kecil kerap menirukan orang lain. Nah, di saat inilah penting sekali agar Anda mengajarinya mengucapkan kata lebih sering.

  • Berpikir – Pada usia 2-3 tahun, kemampuan berpikir si kecil jadi lebih cepat. Ia umumnya mulai mengenal konsep sederhana misalnya siang, malam, kecil, besar dsb. Di samping itu, si kecil mungkin mulai suka menunjuk-nunjuk bagian tubuh atau benda dan rasa penasarannya juga mulai tinggi.
  • Bermain dan belajar – Tahukah Anda di usia 3 tahun, si kecil sudah mulai gemar bermain? Nah, Anda tidak usah kaget kalau kemampuan bersosialisasinya bertambah. Ia mungkin kerap berlari-lari dengan anak lain, bernyanyi, dan lainnya.

Nah, itulah ulasan singkat mengenai perkembangan si kecil di usia 1-3 tahun. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan gizi si kecil dengan memilih makanan yang tepat serta mendampinginya dengan asupan tambahan agar lebih optimal.

Meta desc:

Usia 1-3 tahun merupakan momen keemasan si kecil dalam masa pertumbuhannya. Pastikan Anda paham tahap apa yang dialami dan temani nutrisinya dengan Morinaga Platinum.