Hewan pengerat keberadaannya sangat sulit untuk dideteksi, karena lokasinya yang cukup tersembunyi. Hal ini disebabkan oleh tikus menyukai lokasi gelap, sempit, dan kotor yang ada di dalam hunian anda. Solusinya, anda bisa membasminya dengan lem tikus Gajah jadi solusi yang tepat agar populasinya tidak membludak. Sebelum itu, kenali alasan banyaknya tikus di rumah!

Alasan Mengapa Banyak Tikus di Hunian Anda

  1. Menyukai Hangat, Tersembunyi, dan Aman

Di beberapa spot rumah anda, ada banyak sekali tempat yang tersembunyi atau jarang dijamah oleh para penghuninya. Lokasi tersebut biasanya dilengkapi dengan ventilasi udara yang kurang, sehingga terasa lembab dan pengap. Itulah karakteristik ruangan yang disukai oleh tikus dan menjadi sarang yang tepat sebagai tempat tinggalnya.

Hewan ini tidak suka dengan tempat yang terbuka karena karakteristiknya sebagai hewan pemalu. Oleh sebab itu, ia tak bisa bertemu dengan manusia dan seketika membuatnya ketakutan. Sifatnya itu memicu tikus untuk membangun sarang yang tertutup dan sulit ditemukan sebagai tempat berteduh serta berkembang biak.

  1. Menyukai Sumber Makanan

Setiap makhluk hidup membutuhkan sumber makanan untuk bertahan hidup, begitu pula dengan tikus. Hama ini membutuhkan makanan sekitar 3 sampai 5 gram tiap hari, sehingga tak mudah diketahui manusia. Lem tikus Gajah sering kali membuatnya terkecoh karena adanya umpan makanan di bagian tengahnya, sehingga ia dapat tertangkap.

Hal ini tentu bukan tanpa pembiasaan, karena pada dasarnya tikus merupakan hewan yang sangat waspada. Ia tak terbiasa dengan adanya perubahan di lingkungannya, sehingga tak akan mudah terkecoh. Bila umpan itu mampu mengecohnya maka ia telah terbiasa dengan umpan yang dipasang di tengah tengah jebakan lem khusus tikus tersebut.

  1. Loteng atau Atap

Beberapa jenis tikus menyukai tinggal di loteng atau atap karena lokasinya yang kotor dan gelap. Bila area ini jarang anda bersihkan atau kunjungi maka akan ditemukan puluhan tikus di dalamnya. Populasinya bisa membludak bila ditambah dengan kemampuan reproduksi tikus yang sangat tinggi, yaitu sekitar 3 sampai 8 kali melahirkan dalam satu tahun.

  1. Di Peralatan Rumah Tangga

Tahukah anda bahwa tikus menyukai area yang kotor? Hal ini tentu menjadi sarang yang tepat untuk tempat tinggal hewan pengerat. Anda akan menemukan tikus di sekitar lemari makan atau justru peralatan untuk memasak bila jarang dibersihkan. Dengan begitu, memakai lem tikus Gajah akan kurang efektif bila lingkungan sekitar anda belum bersih.

Membersihkan rumah secara berkala tampaknya sangat penting untuk anda lakukan agar tidak dijadikan sarang tikus. Hewan pengerat ini tak akan mudah dibasmi meskipun pakai lem Cap Gajah, bila anda tidak membersihkan lingkungan sekitar. Hal ini disebabkan tikus tidak menyukai area yang bersih dan terbuka. Sudahkah anda membersihkan rumah dan sekitarnya?